AMALAN DIRI

بسم الله الرحمن الرحيم
Membaca surat Al-Mulk
Dari Ibnu Abbas c, Nabi n bersabda:
هِيَ الْمَانِعَةُ هِيَ الْمُنْجِيَةُ تُنْجِيهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
“Dia (surat Al-Mulk) adalah penghalang, dia adalah penyelamat yang akan menyelamatkan pembacanya dari azab kubur.” (HR. At-Tirmidzi, lihat Ash-Shahihah no. 1140) [dinukil dari Ar-Ruh dgn sedikit perubahan]

مـن صلى عـلى حين يصبح عـشـرا ويمسى عـشرا أدركـته شفاعتى يوم القـيـامة
Artinya: "Barangsiapa bershalawat untukku dipagi hari sepuluh kali dan di petang hari sepuluh kali, mendapatlah ia syafa'atku pada hari qiamat." (HR. Al-Thabrânî)
اولى الـنـاس بى يوم الـقـيامة أكـثرهـم على صـلاة
Artinya: "Manusia yang paling utama terhadap diriku pada hari qiamat, ialah manusia yang paling banyak bershalawat untukku." (HR. Al-Turmudzî).
Membaca shalawat adalah amal ibadah yang memiliki keutamaan sangat banyak. Karena banyaknya, maka tidaklah cukup untuk disebutkan semuanya dalam tulisan yang singkat ini. Di sini hanya disebutkan beberapa keutamaan shalawat, di antaranya :
Shalawat Nabi adalah hal yang sangat istimewa. Sebab, Allah dan para malaikat pun bershalawat kepada Rasulullah. Keistimewaan itulah yang membuat shalawat berbeda dengan ibadah yang lain.
Inilah satu sisi makna shalawat yang sangat dalam. Dengan kita membaca shalawat untuk Rasulullah, berarti kita akan mendapatkan keistimewaan dan kehormatan karena kita bisa ikut melakukan apa yang dilakukan oleh Allah dan para malaikat. Dengan membaca shalawat, kita juga yang akan mendapat tetesan kemuliaan dari keagungan Rasulullah.
Memperbanyak membaca shalawat akan mendekatkan kita kepada Rasulullah. Semakin banyak kita membaca shalawat, maka nama kita akan tercatat dalam nama orang-orang yang paling utama dan dekat di sisi Rasulullah. Rasulullah bersabda, “Sungguh, orang yang paling utama di sisiku kelak pada hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat kepadaku”. (HR. Tirmidzi)
Membaca shalawat sekali saja, akan mendapatkan balasan dari Allah sepuluh kali lipat.
Rasulullah bersabda, “Barang siapa membaca shalawat kepadaku sekali, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali lipat.”. (HR. Ibnu Majah)
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وال سيدنا محمد

Comments