KEUTAMAAN DZIKIR


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

ألا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ القُلُوبُ
Keutamaan Dzikir
segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
Berikut adalah keutamaan-keutamaan dzikir (Mengingat Allah azza wajalla) . Moga semakin termotivasi untuk tidak lalai dari dzikir, apalagi dzikir yang banyak disebut kalam Allah yaitu majelis ilmu yang mengkaji Al Qur’an, Alhadits dan ilmu pengetahuan agama
1- Mengusir setan.
2 - Mendatangkan ridho Ar Rahman.
3- Menghilangkan gelisah dan hati yang gundah gulana.
4- Hati menjadi gembira dan lapang.
5- Menguatkan hati dan badan.6- Menerangi hati dan wajah.
7- Mendatangkan rizki.
8- Orang yang berdzikir akan merasakan manisnya iman dan keceriaan.
9- Mendatangka cinta Ar Rahman yang merupakan ruh Islam.
10- Mendekatkan diri pada Allah sehingga memasukkannya pada golongan orang yang berbuat ihsan yaitu beribadah kepada Allah seakan-akan melihatnya.
11- Mendatangka inabah, yaitu kembali pada Allah ‘azza wa jalla. Semakin seseorang kembali pada Allah dengan banyak berdzikir pada-Nya, maka hatinya pun akan kembali pada Allah dalam setiap keadaan
12- Seseorang akan semakin dekat pada Allah sesuai dengan kadar dzikrnya pada Alalh ‘azza wa jalla. Semakin ia lalai dari dzikir, ia pun akan semakin jauh dari-Nya.
13 - Semakin bertambah ma’rifah (mengenal Allah). Semakin banyak dzikir, semakin bertambah ma’rifah seseorang pada Allah.
14- Mendatangkan rasa takut pada Rabb ‘azza wa jalla dan semakin menundukkan diri pada-Nya. Sedangkan orang yang lalai dari dzikir, akan semakin terhalangi dari rasa takut pada Allah.
15- Meraih apa yang Allah sebut dalam ayat,
فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ
“Ingatlah pada-Ku, maka Aku akan melihat kalian.” (QS. Al Baqarah: 152). Seandainya tidak ada keutamaan dzikir selain yang disebutkan dalam ayat ini, maka sudahlah cukup keutamaan yang disebut.
والله أعلم
********

Comments