5 KEUTAMAAN DZIKIR YANG LUAR BIASA

Berdzikir dengan menyebut nama Allah SWT adalah salah satu cara seorang hamba untuk terus mendekat terhadap Sang Penciptanya serta untuk senantiasa meminta agar Allah ridhlo terhadap kehidupannya.

Berdzikir dapat kita lakukan dengan cara diucapkan melalui lisan maupun melalui dalam hati. Dalam sebuah hadist disebuatkan bahwa memperbanyak dzikir semasa hidup di dunia menjadi suatu pembeda bagi seorang hamba.

“perumpamaan seseorang yang ingat akan Rabb-Nya dengan orang yang tidak ingat Rabb-Nya seperti orang yang  hidup dengan orang yang mati.” (HR.AL-Bukhari). 

Allah SWT juga telah berfirman dalam Al-quran surat AL-Ahzab ayat 35 yang berbunyi:

Sesungguhnya lelaki dan perempuan muslim, lelaki dan perempuan mukmin, lelaki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, lelaki dan perempuan yang benar, lelaki dan perempuan yang sabar, lelaki dan perempuan yang khusuk(sholat), lelaki dan perempuan yang bersedekah, lelaki dan perempuan yang berpuasa, lelaki dan perempuan yang menjaga kehormatannya, lelaki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. AL-Ahzab : 35).

Dari firman Allah diatas sudah bisa kita ketahui dengan sangat jelas bahwa Allah SWT menjanjikan anugrah yang sangat besar berupa ampunan dari segala dosa dan pahala yang tak terhingga untuk beberapa kriteria hambaNya, termasuk dalam salah satunya adalah hamba Allah yang senantiasa berdzikir.

Dzikir mengagungkan nama Allah SWT yang terus kita lakukan setiap saat pada pagi, siang hari, sore, serta malam hari yang kita lakukan baik dengamn cara lisan maupun batin hingga perbuatan akan menghasilkan banyak keutamaan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Tercukupi segala sesuatunya di dunia

Kehidupan manusia berjalan di dalam kehendak Allah SWT, tidak ada seorang pun manusia mengetahui kehendak Allah atas setiap hambanya. Jangankan kehendak Allah, pada hakikatnya manusia tidak benar-benar mengetahui apa yang benar-benar mereka butuhkan dalam hidupnya. Allah Maha Mengetahui apapun yang ada di langit dan di bumi. Dan Allah telah menjanjikan tercukupinya segala kebutuhan hambaNya di dunia maupuk akhirat, bahkan tanpa kita sadari.

Mendapatkan ridho Allah SWT

Segala yang terjadi di langit dan di bumi, di dunia maupun di akhirat, tak ada satupun yang bisa terjadi tanpa mendapatkan ridho Allah SWT. Dengan berdzikir dan menyebut nama Allah di setiap saat dan setiap hembusan nafas adalah salah satu cara yang bisa dilakukan seorang hamba untuk meminta ridho dari Allah SWT.

Mendapatkan predikat terbaik saat kiamat tiba

Dari sahabat mulia Abu Hurairah RA, ia menyatakan Rasulullah muhammad SAW bersabda, yang artinya, “barang siapa yang mengucapkan kalimat ‘Subhanallah Wa Bi Hamdih’ di saat pagi dan sore hari sebanyak 100x, maka tidak ada yang datang pada hari kiamat yang lebih baik dari yang ia lakukan kecuali orang yang mengucapkan semisal atau lebih daripada itu.” (HR.Muslim).

Masuk Syurga

Seperti yang telah kita bahas pada beberapa paragraf diatas, berdasarkan firman Allah SWT di surat Al-Ahzab ayat 35, Allah SWT menjajikan ampunan untuk mereka yang senantiasa melanggengkan amalan dzikir serta senantiasa mengagungkanNya pada setiap kegiatan yang ia lakukan. Dengan anugerah berupa ampunan Allah SWT, kita akan bisa terhapus dari segala dosa yang pernah diperbuat dengan demikian surga yang mulia dan penuh kebahagiaan akan menanti setiap hamba yang rajin berdzikir pada masa hidupnya.

Comments