5 KEUTAMAAN MENGHAFAL DAN MENGAMALKAN ASMAUL HUSNA

Asmaul Husna atau 99 nama Allah SWT adalah satu hal yang wajib diketahui oleh setiap muslim yang beriman. Keberadaan asmaul husna adalah agar setiap muslim dapat mengerti dan semakin iman terhadap segala kekuasaan Allah SWT. Perkara tersebut telah jelas tertulis dalam Al-qur'an surat Al-A’raaf :180, yang artinya :

“Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka mohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Al-A’raaf : 180)

Bagi seorang muslim haruslah memliki pendirian bahwa 99 nama Allah tersebut menjadi sebuah lambang yang menyatakan bahwa hanya Allah tempat manusia meminta, kekuasaan Allah sangatlah besar, dan tidak ada Tuhan yang patut di sembah kecuali Allah SWT.

Membaca dan berusaha untuk memahami arti 99 nama Allah yang termasuk dalam asmaul husna akan sangat memberikan manfaat dan keberkahan bagi setiap muslim. Dalam HR.Bukhari Rasulullah SAW juga bersabda tentang keutamaan menghafal dan berdzikir dengan asmaul husna. Dari Abu Hurairah Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghitung atupunmenghafalnya, maka ia masuk surga.” (HR.Bukhari)

Berikut ini 5 keutamaan menghafal 99 nama Allah atau asmaul husna bagi manusia

1. Mendapatkan Ampunan Allah

Setiap manusia pernah melakukan dosa, baik dosa yang dilakukan secara sengaja maupun yang tanpa kesengajaan. Agar terbebas dari dosa, setiap makhluk hendaknya memohon ampunan kepada Allah SWT agar memaafkan segala dosa yang pernah diperbuatnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memohon ampnan Allah adalah dengan cara membaca asmaul husna, karena di dalam asmaul husna terdapat nama-nama Allah sebagai satu-satunya dzat yang bisa memberikan ampunan, salah satunya adalah AlAffuwu yang artinya Maha Pemberi Ampunan.

2. Menjadi Pembuka Pintu Rezeki

Rezeki adalah rahasia Allah SWT yang tak akan pernah diketahui oleh makhluk tentang kapan datangnya dan darimana arahnya. Kewajiban manusia hanyalah berikhtiyar mencari rezeki, serta berdo’a memohon datangnya rezeki kepada Allah SWT dengan berbagai amalan, seperti sholat dhuha dan berdzikir dengan asmaul husna.

Dari 99 nama Allah, ada beberapa yang menujukkan jika Allah Maha Kaya dan Maha Pemberi Rezeki, seperti Al mughni, Al-Ghaniyyu, Ar-Razaq, dll.

3. Mengendalikan Nafsu

Manuasia adalah salah satu dari makhluk Allah yang diturunkan ke dunia dengan dibekali akal dan nafsu, selain jin. Nafsu sering disebut terbagi menjadi dua jenis positif dan negatif, nah untuk memngendalikan nafsu egatif yang ada dalam diri kita, kita bisa melanggengkan membaca nama Allah dalam asmaul husna, seperti contohnya Al-Mumit serta Al-Muhshi.

4. Meningkatkan kecerdasan Otak

Tak hanya itu saja, masih ada banyak lagi keutamaan asmaul husna. Salah satunya adalah asmaul husna bisa kita gunakan untuk memohon kepada Allah gar diberikan otak dan akal yang sehat. Seperti halnya nutrisi, asmaul husna bisa membantu menjaga kesehatan otak yang ada di kepalasa kita. Beberapa diantaranya adalah Al-Hakim, Al-Ilmu, dll.

5. Terhindar dari Sifat Lupa

Wajar bagi setiap manusia jika memiliki sifat pelupa. Jika kita mengalami hal tersebut, cobalah untuk membaca dan melanggengkan amalan dzikir asmaul husna dengan salah satu dari nama Allah, yaitu Ar-Rahman. Insyallah dengan keutamaan menghafal 99 nama Allah atau asmaul husna tersebut kalian akan senantiasa terhindar dari sifat lupa.

Comments