SELAMAT TAHUN BARU 2018


Salam sejahtera untuk semua saudara ku yang membaca tulisan ini,semoga tuhan selalu melimpahkan semua rahmatnya kepada kita semua amin. mungkin masih teringat dibenak kita tentang sisa-sisa perayaan pergantian tahun tadi malam. mungkin ada sebagian pembaca yang merayakan dengan cara kita masing-masing. yah asal kita rayakan dengan cara ang positif menurut saya pribadi sebagai orang kecil juga rendah ilmu tidak masalah. kita sebagai seorang muslim seharusnya bersyukur karena berjalan melewati 2 jenis tahun.

Ada tahun SYAMSIYAH atau yang biasa kita kenal dengan teahun masehi. dan ada juga tahun QOMARIYAH atau ang biasa kita sebut dengan tahun arab.

Tulisan KHR. SYARIF RAHMAT RA, SQ, MA

الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ (يونس:٥)
Artinya: "Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui" (Yunus:5)

Ayat ini secara tegas mengakui adanya 2 macam bulan dan tahun: Bulan yg dihitung berdasarkan perjalanan Matahari (Syams), maka dinamakan dg Syamsiyah. Dan bulan yg dihitung berdasarkan perjalanan bulan (Qamar), maka dinamakan dg Qamariyah. Bahkan pada kesempatan lain Allah menyatakan perbedaan kedua tahun ini melalui firman-Nya:

Surat Al-Kahf Ayat 25

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلَاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا،(الكهف:٢٥)

Artinya:"Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi)" (Al Kahfi:25)

Ayat ini - melalui kata "ditambah sembilan tahun" -- menyebutkan perbedaan antara Qamariyah dg Syamsiyah yaitu dalam 3 abad selisih 9 tahun. Ini penegasan Allah akan keberadaan tahun "Syamsiyah", bukan hanya Qamariyah.

Kedua tahun itu sudah ada sejak dahulu. Namun Syamsiyah dihitung ulang dari angka 1 dari hari kelahiran Nabi Isa Al Masih, maka sejak saat itu Syamsiyah dikenal dg sebutan Masihiyah atau Masehi disingkat "M". Hingga kini berusia 2017 tahun. Karena kebodohannya orang2 menisbatkan tahun ini kepada kekristenan. Adapun Qamariyah dihitung ulang mulai angka 1 sejak Hijrah Nabi Muhammad SAW, maka sejak saat itu Qamariyah dikenal dg sebutan "Hijriyah" disingkat dg "H". Hingga kini berumur 1438 tahun. Karena fanatik buta orang2 menisbatkan tahun ini kepada kislaman. Padahal Bulan dan Matahari tidak punya Agama. Hanya keduanya memang berhubungan dg amaliah Agama. Bulan dikaitkan dg Puasa dan Haji. Tapi Shalat Zhuhur dan Ashar bahkan buka puasa ditentukan oleh perjalanan Matahari.

Kedua benda langit (Bulan dan Matahari) adalah ciptaan Allah. Kedua tahun (Qamariyah dan Syamsiyah) juga ciptaan Allah. Bersyukur dan berdo'a memasuki kedua tahun itu hakekatnya mensyukuri nikmat Allah. Maka barangsiapa menganggap sesat penyambutan datangnya tahun baru Syamsiyah atau Masehi, sejatinya dia tidak sadar telah menduakan Allah karena menganggap (Tahun) Matahari bukan ciptaan Allah.

Maka, waspadalah jangan sampai kita kufur tanpa terasa. Di atas segalanya, bila tidak tahu, diam lebih bermakna. Hasbunallah. Syarif Rahmat.

dan semoga ditahun 2018 ini kita selalu diberikan kelimpahan rizki yang datang dengan tak terbendung. Bertambah melimpah tak habis-habis bak air zam-zam, mereka yang bekerja keras mencariku bukan saya yang bekerja keras mencari mereka seperti laron yang mengerubungi cahaya. Dijauhkan dari segala bala dan musibah, didekatkan segala kebaikan dan segala hal yang bermanfaat. Ya Allah berikanlah cahaya-Mu dan jadikanlah aku manusia yang bermanfaat. Dan buat teman-temanku juga. Amiin.
mari kita berdoa dulu diawal tahun ang baru ini:

اللّهُمَّ اكْفِنِي  بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي   بِفَضْلِكَ    عَمَّنْ    سِوَاك

(Allahummak fini bihalalika 'an haramika, waghnini bifadhlika 'amman siwaka).

“Ya Allah, berilah aku kecukupan dengan rezeki yang halal, sehingga aku tidak memerlukan yang haram, dan berilah aku kekayaan dengan karunia-Mu, sehingga aku tidak memerlukan bantuan orang lain, selain diri-Mu.”

semoga dengan bergantinya tahun kali ini tidak pula mengganti kecintaan kita kepada allah SWT dan juga nabi junjungan kita  muhammad SAW.semoga diawal tahun ini kita dijadikan sebagai hamba ang lebih taqwa lagi kepada allah SWT.

AMIN..jika saudara ku semua merasa tulisan ini bermanfaat silahkan dishare kepada saudara-saudara kita yang lain.

Comments