Tahapan-Tahapan Orang Berilmu. Sudah Sampai Mana Dirimu?


Menurut Umar Bin Khattab, ada 3 tahapan seseorang dalam menuntut ilmu. Apa saja tahapan tersebut?

Pertama, orang yang baru belajar, dia akan merasa sombong. Dia merasa bahwa dia telah berada pada posisi yang sangat mulia. Sedangkan orang lain yang mungkin belum mempelajari ilmu yang sama dengannya akan dianggap lebih rendah darinya. Padahal bisa saja kondisinya lah yang masih jahil atau bodoh.

Kedua, ketika seseorang masuk tahapan yang lebih tinggi lagi, dia akan merasa belum tahu banyak dan itu akan membuat dirinya merasa rendah hati atau tawadu’. Sama seperti pepatah bahwa ketahuilah ilmu padi, semakin berisi semakin menunduk. Tahapan ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tahapan yang pertama. Tak ada lagi rasa sombong dalam hatinya. Bahkan dia akan merendahkan hatinya terhadap orang lain.

Tahapan terakhir yaitu tahapan ketiga. Ini adalah tahapan dimana seseorang merasa tidak ada apa-apanya. Dia merasa sangat kecil. Dalam tahap ini, dia merasa ilmu bagaikan lautan yang sangat luas. Ketika dia mendapatkan satu jenis ilmu maka dia akan merasa kurang, dia haus akan ilmu dan bahkan berkeinginan untuk mengabadikan seluruh hidupnya untuk belajar dan mendapatkan ilmu sebanyak mungkin.
Sampai manakah tahapan ilmu kita? Sudahkah kita belajar dengan baik? Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan langkah kita dalam menuntut ilmu.
s

Comments