Waktu yang Tepat untuk Wanita Shalat Dzuhur di Hari Jum’at

 Seperti yang kita ketahui bahwa Shalat Jum’at tidak wajib bagi kaum wanita. Sebaliknya, kaum wanita diwajibkan melaksanakan Shalat Dzuhur di rumah.
Lantas, kapan waktu terbaik bagi kaum hawa melaksanakan Shalat Dzuhur pada Hari Jum’at? Banyak wanita yang mulai Shalat Dzuhur ketika para pria selesai melaksanakan Shalat Jum’at. Menurut mereka, mengerjakan Shalat Dzuhur sebelum pria selesai Shalat Jum’at tidak sah dan dilarang.

Tetapi sebagian berpendapat bahwa Shalat Dzuhur pada Hari Jum’at tetap harus dilaksanakan pada waktu Dzuhur sebagaimana biasanya meskipun Sholat Jum’at belum selesai dilaksanakan. Bagaimana hukum syariat dari permasalahan ini? Berikut penjelasan yang dikutip dari berbagai sumber. Wanita tidak diwajibkan Sholat Jum’at tetapi diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Dzuhur pada waktunya.

Perkara Sholat Dzuhur sebanyak 4 raka’at di Hari Jum’at ini banyak ditanyakan oleh para Muslimah. Kapan waktu terbaik dimulainya Shalat Dzuhur? Apakah harus memasuki waktu Dzuhur atau harus menunggu jama’ah pria selesai Sholat Jum’at di Masjid? Sholat termasuk ibadah yang waktunya telah ditetapkan.

Demikian juga dengan waktu dari Sholat Dzuhur. Waktu Sholat Dzuhur menurut HR. Muslim No. 612 adalah sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama tingginya dan sebelum masuk waktu sholat ashar. Dari keteangan tersebut, para wanita dan orang-orang yang tidak dikenai kewajiban Sholat Jumat seperti orang sakit dan musafir bisa mulai Sholat Dzuhur setelah emmasuki waktu Dzuhur.

Meskipun Sholat Jumat belum selesai, Sholat Dzuhur wajib dilakukan. Terlebih lagi, di beberapa daerah, Sholat Jum’at disepakati untuk dimulai pada pukul 12 siang. Padahal waktu Dzuhur bisa dimulai sebelum jam 12 siang.

Comments