3 AMALAN YANG BISA MERUBAH TAKDIR

Sebagai seorang muslim tentunya kita percaya akan adanya takdir yang telah tertulis dalam setiap jiwa manusia bahkan sebelum dilahirkan kedunia melalui rahim ibu. Bahkan, iman kepada takdir atau nasib (Qodho & Qodhar) menjadi slaah satu bagian penting dari rukun iman yang merupakan syarat utama seseorang untuk menjadi seorang muslim yang sempurna.

Takdir sendiri adalah ketetapan dari Allah SWT untuk para hamba-Nya yang mana hal tersebut merupakan satu pilihan terbaik dari Allah yang sudah pasti juga terbaik bagi kehidupan seorang hamba.

Takdir adalah satu rahasi Allah SWT yang tak satupun dari manusia atau makhluk lainnya dapat mengetahui sebelum takdir itu berjalan atas dirinya. Mau tak mau, suka tidak suka, apapun ketetapan Allah SWT harus kita terima dengan lapang dada, rasa syukur, serta penuh ketaatan.

Namun, meskipun takdir adalah suatu rahasia dan ketentuan Allah SWT yang telah ditetapkan sebelum manusia lahir, bukan berarti kita tidak bisa berikhtiyar untuk merubahnya. Meskipun pada hakikatnya tak ada yang bisa manusia lakukan kecuali atas kehendak Allah, tapi dengan 3 amalan istimewa ini manusia bisa merubah takdir untuknya, yang tentunya juga atas ridhlo Allah SWT.

Ingatlah, Allah SWT adalah Dzat Yang Maha Pengasih dan Penyanyang, terutama untuk hamba-Nya yang selalu berbuat amal kebaikan, taat, serta terus menerus mengharap ridhlo-Nya dalam setiap do’a.

Berikut ini 3 amalan istimewa yang bisa merubah takdir, terutama takdir yang buruk menjadi takdir baik.

1. Sedekah

Sedekah memanglah satu amalan yang banyak sekali menyimpan keutamaan yang bahkan manfaatnya bisa langsung kita rasakan ketika masih hidup di dunia. Meskipun pada prakteknya ketika bersedekah kita harus mengeluarkan sebagian yang kita miliki, baik berupa harta kekayaan, tenaga, pikiran dll, namun kenyataan sedekah yang dikeluarkan tidak akan pernah mengurangi apa yang kita punyai, bahkan akan menjadi semakin bertambah.

Tak hanya itu saja, dalam sebuah hadist shahi juga disebutkan:

“Bersegeralah bersedekah, karena bala tak akan pernah mendahului sedekah.” (HR. Thabrani)

”Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan kemarahan Allah serta menolak ketentuan yang buruk.” (HR. Tirmidzi).

“Sesungguhnya sedekah serta silaturahmi akan menambah usia juga menolak ketentuan buruk yang tak disukai serta ingin dijauhi.” (HR. Abu Ya’la Alhambali)

2. Amal Baik

Begitu utamanya amalan kebaikan yang harus dilakukan oleh umat muslim membuat Rasullullah beberapa menegaskan bahwa amal kebaikan akan mendatangkan banyak manfaat bagi seorang hamba. Beberapa diantaranya adalah, diampuni dari segala dosa, memiliki usia yang panjang dan barokah, serta mengubah segala ketetapan buruk atas diri kita menjadi sesuatu yang baik dan membahagiakan.

“Tiada yang dapat menambha usia seseorang, selain (amal) kebaikan.” (HR. Ahmad dan Thabrani)

“Beramailah kamu sekalian, karena beramal (berbuat kebaikan/ibadah) akan merubah suatu yang tak baik yang telah ditentukan-Nya pada kamu.” (HR. Bukhori dan Muslim)

3. Do’a

Hamba yang taat akan selalu menyerahkan dan mengembalikan segala kebuntuan dari permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Salah satu cara untuk berserah diri itu sendiri adalah dengan berdo’a kepada Allah SWT. Memohon atas segala sesuatu yang tak mampu dijangkau dengan akal dan pikiran manusia.

“Tiada yang dapat menolak takdir Allah, kecuali do’a.” hr. Tirmidzi, Ahmad, Hakin, dan Ibnu Majah).

Dengan 3 amalan istimewa yang bisa merubah takdir diatas, cobalah melakukannya dengan penuh keikhlasan dan mengharap ridhlo Allah SWT semata. Dengan demikian semoga Allah SWT selalu memberikan Kasih dan Sayang-Nya kepada kita, orang tua kita, anak-istri kita, serta seluruh umat di seluruh penjuru bumi.

Comments