5 (LIMA) MANFAAT PUASA DAU YANG AKAN LANGSUNG KITA RASAKAN

Puasa adalah salah satu dari rukun islam yang nomor dua, selain itu puasa dapat menjadi salah satu cara untuk mengontrol hawa nafsu manusia. Begitu banyak keutamaan berpuasa saking istimewanya bahkan siapa pun yang mengamalkan puasa akan bisa lebih dekat dengan Allah subhanahu wa ta'ala.

 begitu banyak keutamaan puasa yang akan dirasakan oleh manusia, Tak hanya dalam hal urusan batiniah saja,  Bahkan para ahli di dunia medis pun setelah beberapa kali melakukan sebuah penelitian yang berhasil menunjukkan bahwa puasa dapat menjadi salah satu cara yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan dapat menyegarkan kembali fungsi-fungsi otak , serta organ vital yang ada dalam tubuh manusia lainnya.

Dalam Islam sendiri puasa dibedakan menjadi dua macam,  di hari puasa wajib dan puasa sunnah.  Puasa wajib adalah puasa yang kita lakukan saat bulan Ramadan tiba,  sedangkan puasa sunnah dilakukan di luar waktu  tersebut.  Puasa sunnah beragam jenisnya, Salah satu diantaranya adalah puasa Daud.

Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan dengan cara satu hari berpuasa dan satu hari berbuka (tidak puasa).  tata cara yang kita lakukan saat menjalankan puasa Daud ini menapak tilas atau mengikuti syariat puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud Alaihissalam  di masa lampau.

 Keutamaan Puasa Daud

 Puasa Daud bahkan menjadi salah satu kuasa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam kepada seluruh umat nya di muka bumi.  bahkan beliau Rasulullah Jangan menyatakan bahwa Puasa Daud ini adalah salah satu amalan puasa terbaik.  Jika kita melakukan Puasa Daud ini sama halnya kita telah berpuasa selama setengah tahun tahu separuh dari tahun yang telah dijalankan.

 dari Abdullah bin Amr Bin al-'ash  yang disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Imam muslim,  ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan kepadanya,  yang artinya:

Sebaik-baiknya sholat di sisi Allah Iyalah shalatnya Nabi Daud Alaihissalam. Dan sebaik-baiknya puasa di sisi Allah adalah puasa Nabi Daud Alaihissalam. Nabi Daun dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau sholat di sepertiga malam nya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” ( HR.BUKHARI).

Dalam riwayat lain juga disebutkan di hadis Bukhari dan riwayat Muslim,  Rasulullah  Rasulullah bersabda yang artinya :

 tak ada puasa yang lebih afdol dari puasa Daud.  Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. BUKHARI & MUSLIM)

Keutamaan-keutamaan menjalankan puasa Daud yang bisa kita rasakan diantaranya adalah

 Amalan Puasa Terbaik

Dari kedua hadits di atas bisa sangat jelas kita ketahui bahwa Puasa Daud adalah puasa yang terbaik dilakukan oleh umat muslim. bahkan juga dikatakan bahwa Puasa Daud lebih baik jika dibandingkan dengan puasa yang dilakukan  setahun penuh,  walaupun pada prakteknya  Puasa Daud hanya dilakukan pada separuh tahun saja. Inilah amalan puasa yang sangat dicintai oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

 Mampu Melakukan Hak Dan Kewajiban Secara Seimbang

 amalan puasa yang dilakukan sebagaimana yang dianjurkan oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah salah satu dari bentuk ketaatan seorang hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang wajib untuk tertanam di setiap Sanubari.  dengan mengamalkan amalan puasa Nabi Daud ini,  berarti kita telah menunaikan kewajiban taat kita kepada Allah,  dan juga menunaikan hak badan yang telah diamanahkan oleh Allah kepada kita.

Terhindar Dari Sifat Berlebih-Lebihan

Berlebih-lebihan  atau ghulu,  termasuk di dalamnya adalah beramal atau beribadah hingga melampaui  batas syariat yang telah ditetapkan,  amalan tersebut sungguh amat tidak baik untuk dilakukan oleh setiap umat muslim. Banyak efek negatif yang akan muncul jika kita melakukan suatu amalan yang melampaui batas atau berlebih-lebihan,  salah satunya yang akan menjadi sangat fatal adalah seseorang tersebut akan menjadi malas untuk mengerjakan kewajiban-kewajiban yang lain, seperti bekerja mencari nafkah.

Menjaga Kesehatan Tubuh Manusia

 banyak dari para ahli kesehatan atau ahli medis menyatakan Apa manfaat puasa Daud untuk kesehatan memanglah nyata dan sudah melalui serangkaian penelitian yang panjang.  beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit,  Hal ini dikarenakan fungsi sel limfa pada saat orang berpuasa akan mengalami peningkatan dalam produksi sel limfosit T.  Selain itu puasa juga mampu membuka pancaran pancaran Aura yang ada di wajah Sehingga siapa yang mengamalkan puasa baik perempuan atau laki-laki akan  memiliki pancaran aura wajah yang begitu indah jika dipandang mata manusia, bahkan Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Puasa juga akan membantu membersihkan organ organ tubuh manusia,  menurunkan tekanan darah, Menghilangkan stres,  menajamkan Panca Indria,  menurunkan kadar lemak,  dan bahkan membantu untuk memperlambat proses penuaan.

Mengendalikan Nafsu Dan Emosi Manusia

 Manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang juga dibekali olehNya dengan nafsu.  dengan berpuasa maka seorang manusia akan mampu mengendalikan nafsunya,  terutama adalah nafsu-nafsu negatif,  seperti nafsu syahwat,  dan lain sebagainya.

 Nah itulah tadi 5 manfaat dari puasa Daud yang bisa kita rasakan jika diantara kita mengamalkannya.  namun alangkah baiknya,  sebelum mengamalkan amalan puasa Daud di atas sebelumnya kita harus mengukur kemampuan kita, Apakah kita mampu melaksanakan amalan tersebut dengan Istiqomah.  jangan sampai amalan yang baik tersebut menjadi kurang baik karena kita meninggalkan kewajiban-kewajiban yang lain, jika hal tersebut terjadi niscaya manfaat puasa Daud akan sulit untuk kita rasakan di dalam kehidupan.

Comments