Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih


Alhamdulillah jumpa lagi dengan saya, sehabis beberapa ahad aku nggak nulis di blog ini. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keberkahan yah sobat,amiin. Pada kesempatan ini aku mau nulis arikel wacana manfaat daun yaitu daun sirih. Apa saja kandungan dan manfaat didalamnya? Mari kita simak bareng-bareng sob.
Definisi daun sirih sendiri merupakan tumbuhan orisinil dari indonesia yang tumbuh merambat maupun bersandar pada batang pohon sekitarnya. Kebiasaan orang terdahulu(nenek dan kakek kita) sering memakai daun dan buahnya untuk dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Akan tetapi mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker verbal dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Zat kapurnya juga menciptakan pengerutan gusi (periodentitis) yang sanggup menciptakan gigi tanggal walaupun kita tahu bila daun sirihnya mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Sirih merupakan tumbuhan khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Riau sangat menjunjung tinggi upacara akhlak dengan makan daun sirih khususnya pada dikala upacara penjemputan tamu dan memakai sirih sebagai obat banyak sekali jenis penyakit.

Nama latin dari daun sirih ini yaitu piper batle l. Tanaman sirih biasa dipakai sebagai obat alasannya mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol. Daun sirih mempunyai kegunaan menghangkan wangi tubuh yang ditimbulkan oleh basil juga bersifat menahan perdarahan,menyembuhkan luka pada kulit dan gangguan susukan pencernaan. Selain bersifat ibarat yang diatas, daun ini juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan pendarahan. Biasanya untuk obat mimisan (hidung) cukup pakai 2 lembar daun sirih segar yang sudah dicuci higienis kemudian digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Kandungan materi aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga sanggup dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendikkan hama penghisap. Apa saja manfaat dari daun sirih nih sob, ingin tau kan? Mari simak dibawah:

Manfaat Untuk Kesehatan


Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan diantaranya:

1. Mengatasi problem keputihan, cara penggunaannya cukup simpel sob dengan merebus 5-10 lembar daun sirih merah dalam 250ml air. Setelah cuek pisahkan airnya yang disaring, kemudian gunakan disekitar kawasan kewanitaan.

2. Menghilangkan wangi mulut, caranya rebuslah 10-15 daunnya dalam 4 gelas air hingga tersisa setengahnya. Lalu gunakanlah untuk berkumur.

3. Obat luka bakar ringan, caranya tumbuk 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 sendok teh madu. Oleskan pada luka rutin ya, sehari dua kali.

4. Mengobati demam berdarah, dengan merebus 5-6 daunnya dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan 2kali sehari yah secara rutin.

5. Mengobati penyakit asma, siapkan 4-5 daunnya kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tereduksi hingga 1 gelas saja. Minumlah ramuan tersebut 2 s/d 3 gelas sehari

6. Menyembuhkan radang tenggorokan, rebuslah 4-5 daun sirih dalam 2 gelas air hingga tereduksi setengahnya. Minumlah rutin 2-3 gelas dalam sehari.

7. Mengobati batuk, rebuslah 5 daun sirih merah dalam 300ml air kemudian minum rebusan air tersebut 2 gelas sehari secara rutin.

8. Mengobati penyakit Bronchitis, ambil 6-10 lembar daun sirih dalam rebusan 300ml air hingga tereduksi setengahnya saja. Minumlah secara rutin 3 gelas sehari.

9. Melancarkan haid, ambil 3 lembar daun saja dan 10gram mahkota dewa, 15gram umbi tuhan dalam rebusan air 2 gelas saja biarkan hingga tereduksi setengahnya / 1 gelas dan minum rebusan air tersebut secara rutin 2 kali sehari.

10. Sebagai obat gusi berdarah, rebus 10 lembar daun sirih merah dengan 4 gelas air hingga mendidih kemudian gunakanlah  untuk berkumur setidaknya 3 kali sehari.

11. Obat untuk payudara yang membengkak, ambillah beberapa lembar daun sirih kemudian sobat bakar hingga daunnya layu, kemudian tempelkan pada payudara yang nanah dikala masih hangat.

12. Mengurangi produksi Asi yang berlebih, caranya ambil 4 lembar daun sirihnya yang  diolesi minyak kelapa yang dipanggang diatas api dan harus ingat jangan hingga hangus. Tempelkanlah disekitar kawasan payudara dalam keadaan hangat.

13. Obat Asam urat, rebus 8 lembar daun sirih muda dalam 500 ml air hingga tereduksi 3 gelas saja. Minumlah secara teratur dengan 75 ml air rebusan 3 kali sehari.

14. Obat mimisan (hidung  berdarah), cukup dengan menggulung daunnya kemudian dimasukkan daun sirih yang sudah layu ke dalam hidung yang mimisan untuk penyumbat pendarahan.

15. Membersihkan rongga verbal dari kuman, sobat sanggup memakai cara dengan direbus dengan air 3-4 lembar daun saja hingga mendidih kemudian tunggu hingga air rebusan sudah cuek dan tidak panas. Gunakanlah untuk berkumur sehabis makan dan bersikat gigi.

Manfaat Untuk Kecantikan


Beberapa manfaat daun sirih untuk kecantikan ialah:

1. Menghaluskan kulit, tumbuklah 3-5 lembar daunnya yang dicampur dengan air panas kemudian gunakan sebagai masker dikala sudah hangat gunakanlah minimal seminggu sekali.

2. Mencegah munculnya jerawat, siapkan dulu 10 lembar daun sirihnya yah sob kemudian kita rebus dengan 200ml air. Setelah dingin, kemudian saring airnya untuk mencuci muka.

3. Menghilangkan jerawat, rebuslah 10 lembar daun sirih dalam 250ml air hingga berwarna kecoklatan kemudian gunakanlah air rebusan tersebut untuk kompres.

4. Mencegah penuaaan dini, rebuslah daun sirih yang sudah higienis 6 lembar daun sirih merah, 100gram kacang hijau, 10biji kurma, dan 40 gingseng talinum ke dalam 4 gelas air hingga mendidih dan tereduksi menjadi 2 gelas air saja. Tambahkan 2 sendok makan madu dan jeruk, aduk rata kemudian minum adonan rebusan air tersebut 2 kali sehari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

Itulah beberapa manfaat/khasiat serta cara penggunaannya untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua dan jangan lupa sharing dan membuatkan isu kepada teman-teman sobat semua. Akhirul kata wassalamu'alaikum wr wb. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya 😊 dan terima kasih atas kunjungannya.

Comments