Pesan Gus Dur Untuk Para Penghafal Al-Qur’An

Gus Dur berpesan, “Kalau ngaji Qur'an itu yang sungguh-sungguh. Sebab Qur'an itu dapat menjadi syafaat dapat juga menjadi laknat. Pilihannya cuma dua itu.”

Qur'an itu hurufnya ada 4 :  ق ر أ ن

Pertama Qaf

Sifatnya qalqalah, artinya guncang. Setiap orang yang menempuh jalan untuk menjadi Ahlul Qur’an akan diuji oleh Allah Ta’ala dengan cobaan-cobaan yang menggonjang ganjingkan hidupnya.

Kedua Ra'

Sifatnya takrir, artinya mengulang-ulang. Meskipun cobaan yang mendera jalanmu kelak akan mengguncang hidupmu, sekali-kali jangan engkau pernah berhenti, alasannya yakni Qur’an itu harus selalu dibaca berulang-ulang meskipun sudah khatam.



Ketiga Hamzah

Sifatnya syiddah berarti kuat. Maksudnya, kau harus benar-benar berpengaruh menjaga Qur’anmu dengan membaca dan membacanya lagi dan lagi, meskipun hidupmu digonjang-ganjingkan problem yang tak habis-habis. 
Keempat Nun

Sifatnya idzlaq, artinya ringan. Insya Allah, bila kau berpengaruh dan sabar atas segala cobaan yang mengguncang jiwa raga, sembari mengistiqomahkan ngajimu dengan terus-menerus nderes Qur’anmu, hidup matimu akan ringan, ibarat ringannya mulutmu ketika mengucapkan nun.

Wallahu A’lam

Comments