Sebab Tak Dicantumkannya Basmalah Di Surah At-Taubah

Setiap surah dalam Al-Qur’an diawali oleh basmalah kecuali dalam surah At-Taubah atau Al-Bara'ah. Dalam surah At-Taubah tidak dicantumkan basmalah pada awal surahnya sebagaimana surah-surah yang lain. Hal demikian mengakibatkan pertanyaan banyak kalangan, kenapa hanya surah At-Taubah yang tidak dicantumkan basmalah?

Sejarah penulisan Al-Qur’an berawal semenjak turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad saw. Namun, penulisan Al-Qur’an pada ketika itu dalam kondisi yang sangat terbatas. Nabi setiap kali mendapatkan wahyu, dia memanggil sekretaris (katib resmi) untuk mendokumentasi wahyu tersebut ke dalam bentuk tulisan. Dokumentasi wahyu ini kemudian dikenal dengan nama mushaf. 

Pada masa Khalifah Utsman bin Affan, mushaf ini kemudian ditulis kembali dalam rangka menjaga dari kesalahan sekaligus menjaga otentisitas variasi bacaan Al-Qur’an (qira'at Al-Qur’an). Penulisan masa ini, dilaksanakan oleh tim yang telah mendapatkan rekomendasi dari Khalifah Utsman dan atas persetujuan para pembesar sahabat. Direktur utama dalam penulisan mushaf ini yaitu Zaid bin Tsabit. Secara teknis pelaksanaan penulisan ini dilakukan secara selektif dan ketat. Setiap ayat yang hendak ditulis harus melalui persaksian dua orang yang mendengar eksklusif dari Nabi.

Tidak hanya itu saja, Khalifah Utsman mengeluarkan kebijakan yang luar biasa, yaitu memerintahkan untuk aben semua mushaf selain mushaf yang ditulis oleh tim penulis mushaf. Hal ini dilakukan dalam rangka menyatukan persepsi wacana bacaan Al-Qur’an yang sesuai bacaan Nabi saw. Dengan demikian, sanggup dipastikan bahwa penulisan Al-Qur’an ini telah tuntas tanpa kasus yang berarti. Kembali pada pertanyaan di atas, kenapa dalam surah At-Taubah tidak dicantumkan basmalah, apakah hal ini sesuai petunjuk Nabi, sahabat atau tim penulis mushaf lupa mencantumkannya?. 



Ada beberapa alasannya yaitu yang melatarbelakangi tidak dicantumkannya basmalah dalam surah di atas (At-Taubah). 

Pertama, dalam tradisi Arab jahiliyah dahulu, kalau mereka melaksanakan perjanjian dengan sebuah kaum atau kabilah yang lain dan hendak memutuskan perjanjian tersebut, maka mereka mengirimkan sepucuk surat pemutusan tanpa mencantumkan kalimat basmalah. Pun demikian, ketika umat Islam memutuskan perjanjian dengan orang-orang musyrik, Nabi mengutus Sayyidina Ali untuk membacakan surah di atas (at-Taubah) di hadapan mereka tanpa diawali dengan bacaan basmalah, sesuai sopan santun mereka.

Kedua, Ibnu Abbas bertanya kepada Khalifah Utsman wacana tidak dicantumkannya basmalah dalam surah At-Taubah. Khalifah Utsman menceritakan kronologinya, bahwa pada masa Nabi, ketika wahyu diturunkan kepadanya, Nabi memanggil salah satu sekretaris dia untuk mendokumentasinya, dan dia mendikte penempatan dan tata letaknya. Perlu diketahui bahwa surah Al-Anfal termasuk surah yang turunnya awal, sedangkan surah At-Taubah termasuk surah yang turunnya terakhir, kedua kisah dan penyajiannya kedua surah di atas seolah-olah dan hampir sama. Dalam hal tersebut, Nabi tidak menjelaskan bahwa surah Al-Anfal cuilan dari surah At-Taubah. Saya pun (Utsman bin Affan) berkesimpulan bahwa surah Al-Anfal cuilan dari surah At-Taubah. Oleh lantaran itu, saya urutkan kedua surah tersebut tanpa mencantumkan basmalah. 

Ketiga, pada kekhalifahan Utsman, para sahabat berselisih pendapat wacana surah at-Taubah. Sebagian sahabat menganggap bahwa antara surah At-Taubah dan Al-Anfal yaitu satu surah yang tidak terpisahkan. Sebagian sahabat yang lain menganggap bahwa keduanya yaitu dua surah yang mandiri. Untuk mendamaikan kedua perselisihan tersebut, Khalifah Utsman mengambil perilaku tengah, yaitu tidak mencantumkan basmalah. Tujuannya yaitu supaya kedua belah pihak yang berselisih sanggup saling menerima. Dari pihak yang menganggap keduanya (Al-Anfal dan At-Taubah) satu surah tidak keberatan, lantaran tidak dicantumkan basmalah. Sedangkan dari pihak yang menganggap keduanya yaitu dua surah yang berdikari juga sanggup mendapatkan lantaran beda nama surahnya, meskipun tidak diawali dengan basmalah. 

Keempat, diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwa dia bertanya kepada Sayyidina Ali wacana tidak dicantumkannya basmalah dalam surah At-Taubah. Sayyidina Ali menjelaskan bahwa basmalah yaitu kalimat kondusif (damai) sementara surah At-Taubah turun alasannya yaitu perang, tidak aman. Oleh lantaran demikian, antara kondusif dan perang tidak sanggup disatukan. Demikian pula, dalam basmalah itu terdapat kandungan rahmat atau kasih sayang, sedangkan dalam surah At-Taubah terdapat kemarahan. Oleh lantaran itu, antara rahmat dan kemarahan tidak sanggup disatukan. Senada dengan pendapat di atas, Imam As-Sufyan menyampaikan bahwa basmalah yaitu ayat rahmah, alasannya yaitu rahmah mempunyai arti aman. Sedangkan surah At-Taubah turun kepada orang-orang munafik dan mengandung perang, alasannya yaitu itu tidak kondusif bagi orang-orang munafik. 

Dari kronologis di atas sanggup disimpulkan bahwa para sahabat sepakat tidak mencantumkan basmalah dalam surah At-Taubah menurut pada periwayatan yang diterima oleh mereka dari Nabi. Pun demikian, Nabi ketika mendapatkan ayat tersebut dari malaikat Jibril tidak disertai basmalah. Hal ini juga dibuktikan bahwa tidak ada satu pun hebat qurra’ sab'ah (qira'at tujuh) maupun qurra' asyrah (qira’at sepuluh) yang meriwayatkan membaca basmalah di awal surah At-Taubah. Artinya, mereka sepakat meninggalkan membaca basmalah di awal surah At-Taubah. 

Dalam ilmu qiraat, dasar utama dalam membaca Al-Qur’an yaitu bersumber dari Nabi dan transmisi yang berkesinambungan. Sebab dalam membaca Al-Qur’an tidak ada istilah qiyas. 

القراءة سنة متبعة يأخذها الأخر عن الأول، ولا قياس في القراءة 

Imam Al-Jazari berkata dalam bentuk gubahan syair: 

لأنه به الإله أنزلا # وهكذا منه الينا وصلا

Wallahu A'lam


Sumber: Situs PBNU 

Comments