Surah-Surah Yang Sering Dibaca Nabi Dalam Shalat

Salah satu sunnah shalat yaitu membaca surah atau ayat Al-Qur’an usai membaca surah Al-Fatihah. Al-Qur’an sendiri terdiri dari 114 surah dan enam ribu lebih ayat. Makara umat Islam mempunyai pilihan surah atau ayat yang melimpah untuk dibaca sehabis membaca surah Al-Fatihah. 

Tidak ada hukum niscaya terkait dengan surah atau ayat apa saja yang harus dibaca ketika shalat. Surah atau ayat apa saja dapat dibaca, biasanya surah atau ayat diubahsuaikan dengan situasi atau momen yang terjadi. Misal, ayat-ayat perihal puasa biasanya banyak dibaca pada ketika shalat di bulan Ramadhan. 

Ada orang yang suka membaca surah-surah pendek menyerupai surah pada juz 30 selesai ketika shalat. Ada pula orang yang gemar membaca potongan-potongan ayat dalam surah yang panjang. Sehingga surah atau ayat itu yang diulang-ulang ketika menjalankan shalat lima waktu.  

Lalu, bagaimana dengan Rasulullah? Surah atau ayat apa yang sering dibaca Rasulullah ketika shalat?

Di dalam bukunya Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur’an Populer dan Sering Dibaca Imam, Ahmad Lutfi Fathullah menyebutkan beberapa hadits yang menandakan perihal surah apa saja yang sering dibaca Rasulullah ketika shalat.

Pertama, surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas. Berdasarkan hadits yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah disebut kerap kali membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas ketika menunaikan shalat lima waktu, termasuk ketika shalat qobliyah Subuh. 



Kedua, surah At-Tin. Suatu hari, Rasulullah berada dalam suatu perjalanan. Pada ketika waktu shalat Isya tiba, dia mengajak sahabat-sahabatnya untuk shalat. Adapun surah yang dibaca pada salah satu rakaat shalat Isya yaitu surah At-Tin. Hal ini didasarkan pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Ketiga, surah Asy-Syams. Buraidah menyebut jika Rasulullah pernah membaca surah Asy-Syams pada ketika shalat Isya. Keempat, surah Al-Buruj dan At-Thariq. Keduanya pernah dibaca Rasulullah ketika menunaikan shalat Zuhur dan Ashar sebagaimana yang diceritakan Jabir dari Samrah. 

Kelima, surat Qaf. Tidak hanya membaca surah-surah pendek yang ada di juz 30 saja, Rasulullah juga membaca surah-surah lainnya yang mempunyai ayat panjang. Sahabat Quthbah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah membaca surah Qaf pada ketika menjalankan shalat Subuh.   

Memang, surah atau ayat yang dibaca Rasulullah dalam shalat begitu bermacam-macam dan bervariasi. Namun setidaknya, itulah beberapa surah yang pernah dibaca Rasulullah dan terekam dalam hadits.

Wallahu A’lam


Sumber: Situs PBNU 

Comments