Kisah Kiai Sepuh Mencium Tangan Kiai Muda

Di kala media umum menyerupai ketika ini, pembahasan konflik dan intrik politik cenderung lebih menarik mengalahkan tema kecerdikan pekerti, akhlaqul karimah atau tema sejenis lainnya. Akibatnya sifat baik menyerupai tawadhu’ menjadi barang langka yang aneh dan seolah tak penting.

Namun, bukan berarti sifat ini telah sepenuhnya hilang. Ia masih ada dan terus tumbuh di forum pendidikan berjulukan Pondok Pesantren. Para kiai di kalangan NU juga masih memegang teguh prinsip sifat ini. Kiai Masbuhin Faqih (71), Pengasuh Pondok Pesantren Mambaus Sholihin salah satunya. Beliau yaitu salah seorang kiai sepuh yang meletakkan tawadhu' di tempat yang sangat tinggi. Walaupun merupakan kiai besar dengan jumlah santri dan alumni hingga puluhan ribu, namun ia tak jumawa. Rasa hormat dan ta’dhim pada guru-gurunya tetap dijunjungnya tinggi-tinggi.

Sifat tawadlu'nya tampak ketika disowani oleh Kiai Muda Dr. Afifuddin Dimyati (39), Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an, Rejoso, Peterongan, Jombang pada Ahad (7/10/2018) pagi. Saat keduanya bersalaman, Kiai Masbuhin yang 32 tahun lebih bau tanah berusaha mencium tangan sang tamu, namun tak berhasil.

Kiai Masbuhin lantas menyampaikan “Kulo (saya) yang seharusnya mencium tangan panjenengan," sambil mendekat berusaha meraih tangan sang tamu, namun ditolak secara halus. 
Gus Afif memang bukan guru yang pernah memberi pelajaran pada Kiai Masbuhin. Namun, nasab Gus Afif hingga pada guru-guru Kiai Masbuhin. Dari jalur ayah, Gus Afif yaitu putra Kiai Dimyati bin Kiai Romli At-Tamimi. Kiai Romli At-Tamimi sendiri merupakan guru dari Kiai Utsman Al-Ishaqi, yang tak lain yaitu guru Kiai Masbuhin. Sementara di sisi ibu, Gus Afif merupakan cucu dari Kiai Ahmad Marzuki Zahid Langitan yang juga merupakan guru Kiai Masbuhin Faqih. Silsilah itulah yang menciptakan Kiai Masbuhin begitu menghormati Gus Afif menyerupai menghormati gurunya sendiri. 

Sebenarnya, dongeng tingginya sifat tawadhu' Kiai Masbuhin pada gurunya telah banyak berkembang. Alkisah, pernah pada suatu hari, seorang santri pria asuhan Kiai Masbuhin meminta sang kiai untuk melamarkan seorang gadis untuk dijadikan istri. 

Pada waktu yang ditetapkan, berangkatlah sang kiai menuju rumah sang gadis yang akan dilamarkan. Akan tetapi sesampainya di lokasi, Kiai Masbuhin batal melamarkan santrinya, sehabis mengetahui bahwa sang gadis merupakan alumni Pondok Pesantren Langitan, Jawa Timur, tempat ia menimba ilmu selama belasan tahun. Konon, Kiai Masbuhin ‘tak berani’ melamarkan sebab takut su’ul susila pada gurunya. 

Gambaran Ketawadhu'an Para Kiai


Profil Kiai Masbuhin Faqih dan Sejarah Mamba'us Sholihin

Kiai yang oleh masyarakat Gresik dikenal dengan nama Yai Buhin dilahirkan di desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, pada 31 Desember 1947 atau 18 Shafar 1367 H dari pasangan KH. Abdullah Faqih dan Nyai Hj Tswaibah. Jika dirunut lebih jauh, silsilah Kiai Masbuhin akan hingga ke Sunan Giri.

Sanad keilmuan Kiai Masbuhin secara formal berasal dari dua Pondok Pesantren, yakni Gontor dan Langitan. Di Gontor, ia menimba ilmu semenjak di dingklik Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah sambil memperdalam bahasa Arab dan Inggris. Setelah lulus, ia melanjutkan nyantri di Pondok Pesantren Langitan Widang Tuban, di bawah pimpinan KH. Abdul Hadi dan KH. Abdullah Faqih. Di sana Masbuhin muda memperdalam ilmu Nahwu, Shorof, Fiqh, Tauhid, Tasawwuf dan lain-lain, selama lebih dari 17 tahun. 

Kelak sistem kedua pesantren ini diduplikasi dan diterapkan di Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin; yakni mengajarkan ilmu-ilmu agama seperti  Langitan dan mewajibkan santrinya berbahasa Arab dan Inggris menyerupai Gontor. Dari sana pula Mambaus Sholihin dikenal dengan istilah pondok ‘salafi-modern’.

Di tahun 2018 ini, Mambaus Sholihin yang didirikan oleh sang ayah KH. Abdullah Faqih dari sebuah surau kecil telah menginjak usia 49 tahun. Pada awalnya, pondok ini berjulukan “At-Thohiriyah” menyesuaikan dengan nama desa; Suci. Namun, nama itu kemudian diganti menjadi “Mambaus Sholihin”, sesuai dengan pinjaman guru Mursyid Thariqah Qadariyah Naqsabandiyah, KH. Utsman Al-Ishaqi.

Seiring perjalanan waktu, Pondok Pesantren Mambaus Sholihin ketika ini telah bermetamorfosis menjadi sebuah institusi pesantren yang terbesar di daerah Pantai Utara Pulau Jawa. Mamba'us Sholihin menyediakan pembelajaran mulai dari level Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah hingga sekolah tinggi tinggi berjulukan Istitut Keislaman Abdullah Faqih (INKAFA). Saat ini, Mambaus Sholihin juga telah berkembang dengan mempunyai sembilan cabang pesantren hingga di luar Jawa.

Cara berdakwah Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin juga mengalami adaptasi. Di kala digital menyerupai ketika ini, metode dakwah di Pondok Pesantren Mamba'us Sholihin tidak hanya ditempuh melalui metode formal dan konvensional secara off line, namun juga disiar-luaskan melalui sejumlah platform digital menyerupai channel YouTube dan Facebook. 

Kendati demikian, kebesaran nama itu tak menciptakan sang kiai jumawa. Beliau tetaplah seorang kiai yang meletakkan rasa hormat yang sangat tinggi pada guru-gurunya, termasuk keturunan dari guru-gurunya. Itulah alasan mengapa Kiai Masbuhin Faqih bersikeras hendak mencium tangan Gus Afif yang puluhan tahun lebih muda darinya; sebab Gus Afif yaitu cucu dari guru-gurunya.

Wallahu A’lam


Sumber: Situs PBNU

Comments