4 PILAR KEBAHAGIAN SESEORANG MENURUT HADITS RASULULLAH

4 PILAR KEBAHAGIAN SESEORANG MENURUT HADITS RASULULLAH
Dalam kehidupan ini siapa yang tak  mau hidup bahagia, pasti tatkala di tanya maukah anda hidup bahagia. Dengan spontan mereka menjawab “ mau”. Lantas apa yang menjadi kan hidup kita ini bahagia, pendahulu kita sekaligus guru kita panutan kita Rasulullah telah mengabarkan 4 konsep kehidupan yang bahagai, sebaimana Rasulullah telah bersabda:

أَرْبَعٌ مِنَ السَّعَادَةِ: اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، وَالْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيُّ. وَأَرْبَعٌ مِنَ الشّقَاءِ: الْجَارُ السّوءُ، وَاَلْمَرْأَةُ السُّوءُ، وَالْمَركَبُ السُّوءُ، وَالْمَسْكَنُ الضَّيِّقُ.

Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah (kalau untuk wanita tentunya lelaki/suami yg Sholeh), tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman.Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah) (kalau buat wanita yg bikin sengsara adalah suami yg brengsek), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.”

(HR. Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid hal. 302, dishahihkan Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’ush Shahih, 3/57 dan Asy-Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no. 282).

Comments