Dzikir Jahar Menempa Perjalanan Jiwa

DZIKIR JAHAR MENANGGALKAN 70.000 BEBAN(bidayatus salikin)
DALAM MELAKUKAN DZIKIR JAHAR , JIWA ( BATIN ) KITA AKAN DIBAWA KEDALAM ENAM KEADAAN.
KEADAAN YANG DIMAKSUD ADALAH BERDASARKAN TINGKATANYA DARI SATU SAMPAI ENAM.

 1.IJTIMA’I SATATI QOLBI SHOHIBIHI
yaitu mengumpulkan terpecahnya ingatan hati insan yang sedang berdzikir.Gerakan hati insan sehari semalam ialah 70.000 gerakan silih berganti, maka yang tak dapat mensikapinya jiwanya akan lelah dibawa kesana kemari oleh gerakan hatinya.
Contohnya dalam sholat :apabila kita sedang sholat terasa dalam hati melirik kepada selain alloh.Namun yang tahu akan hal ini ia akan segera mengistirahatkan hatinya tinggal satu gerakan yaitu hanya alloh yang ada.Sehingga sholatnya menjadikan imbas samping sebagai daerah istirahat jiwa yang lelah alasannya beban 70.000 gerakan hati. Apabila masih kesulitan mengendalikan gerakan hatinya maka sebaiknya melatih dzikir setelah sholat.
“maka apabila kau telah menuntaskan sholatmu,ingatlah alloh”(an nisa 103).


2.HIMMATUN ‘ALIYAH.
menciptakan tinggi cita citanya dalam menjalankan ibadah kepada alloh.Jelasnya dalam menghadapi segala masalah tidak gampang frustasi dari rahmat alloh,selalu ada harapan/himmah yang berpengaruh kepada alloh.

3.ANISUL MUTAWAHIS
menjinakan masalah diri yang sering kali liar.Contohnya menggantikan sesuatu yang liar dengan diganti ibadah sunah.

4.JARRUL KHOIR.
yaitu menarik kebaikan.artinya mengajak pribadi dan orang lain untuk berbuat kebaikan.

5.KHOTROTUS SAMAWIYYAH.
artinya kabar dari langit.Tanda tandanya ada kabar dari langit(belum tentu bisikan,tapi kabar bangga bagi kita akan komitmen alloh) bulu kuduk bangkit diiringi rasa gentar, terasa murung tak tahu yang disedihkan,air mata meleleh namun hati bahagia.Tapi bukan menangis alasannya persiapan dibentuk suasana hati menjadi sedih,namun timbul sendiri kadang susah untuk mengulangi di lain hari.itulah rahmat alloh bagi hambanya yang bersahabat dengaNYA(alloh memberi tanda sebagai kabar gembira).

6.MIFTAHUL GHAIB.
Terbukanya sesuatu yang samar.Untuk mengetahui masalah yang samar memang tidak mudah.Dibukakanya masalah yang samar ada yang pribadi dari alloh berupa inspirasi tanpa kata tanpa bunyi tanpa huruf, suatu kepahaman, pengertian ilmu yang tiba secara tiba tiba.
Ada pula masalah yang samar yang tiba melalui mediator makluknya,dalam hal ini perlu ekstra hati hati alasannya setan dan malaikat dua duanya dapat mirip apa saja.
Syeh abdul qodir jailani membedakan tanda tandanya:
Setan menuntunya kearah penyelewengan baik secara samar maupun terperinci terangan.
Malaikat menerangkan jalan munjiah yaitu jalan keselamatan dunia dan akhirat.

Sumber http://tarekataulia.blogspot.com/

Comments