Spiritual Syaikh Abdul Karim Ibnu Ibrahim Al-Jilli

Syaikh Abdul Karim Ibnu Ibrahim Al-Jilli
Sumber : https://romanacinta.blogspot.com/search?q=syaikh-abdul-karim-ibnu-ibrahim-al-jilli
 Dalam dunia Tasawuf dikenal apa yang disebut  Spiritual Syaikh Abdul Karim Ibnu Ibrahim Al-Jilli
Dalam dunia Tasawuf dikenal apa yang disebut “Insan Kamil”, alias insan yang sempurna. Insan Kamil merupakan derajat spiritual yang paling tinggi, yang menjadi dambaan setiap muslim. Bisa mencapai derajat sebagai Insan Kamil sangat berarti bagi seorang mukmin, alasannya yakni mereka benar-benar sanggup mencicipi makna sebagai insan yang sesungguhnya.

Banyak cara atau metode untuk mencapai derajat tersebut yang dirumuskan oleh para sufi masyhur. Diantaranya, Al-Jilli, dalam kitabnya, Al-Insanul Kamil fi Makrifat al-Awakhir wa Awa’il. Ia menulis pendapatnya perihal Insan Kamil dengan cukup mendetail – sehingga sering dikutip banyak penulis sampai kini.


Nama lengkapnya Abdul Karim ibnu Ibrahim ibnu Khalifah ibnu Ahmad ibnu Mahmud al-Jilli. Kapan ia lahir dan wafat, dimana ia lahir dan wafat, para sejarawan dan pengamat sufi berbeda pendapat. Al-Jilli memang sufi yang misterius, alasannya yakni riwayat hidupnya juga sangat sulit dilacak. Menurut pengamat sufi Ignaz Goldziher, Al-Jilli lahir di sebuah desa erat Bagdad yang berjulukan Al-Jil – yang lalu dinisbatkan di belakang namanya.

Tetapi hal itu lalu dibantah oleh Nicholson, pengamat sufi yang lain, dalam sebuah bukunya ia menulis, Al-Jilli sanggup diartikan sebagai pertalian nasab, keturunan. Jil atau Jilan menawarkan bahwa Al-Jilli keturunan orang Jilan, sebuah tempat di wilayah Baghdad. Argumentasi ini sejalan dengan beberapa buku mengenai karya Al-Jilli yang menyebutkan bahwa ia masih keturunan Syaikh Abdul Qadir al-Jilani, pendiri tarekat Qadiriyah.

Menurut Al-Jilli, garis nasabnya tersambung dari cucu wanita Syaikh Abdul Qadir al-Jilani. Tapi beberapa ulama dan pengamat sufi sepakat, Al-Jilli lahir pada bulan Muharram tahun 767 H di Baghdad, Irak. Namun mengenai wafatnya para ulama dan pengamat sufi – ibarat At-Taftazani, AJ. Arberry maupun Umar Ridha Kahhalah – tidak sepakat.

Al-Jilli kecil dididik dengan penuh disiplin oleh ayahandanya. Menginjak masa dewasa – dikala Baghdad dikuasai pasukan Mongol – ia dan keluarganya hijrah ke Zabid di Yaman. Disinilah ia berguru agama secara intensif, antara lain ia berguru kepada Syaikh Syarafuddin Ismail ibnu Ibrahim Al-Jabarti (W. 806 H). Belakangan ia juga berguru kepada seorang sufi besar di Hindukusy, India, pada 709 H, tapi tidak ada catatan berapa usang ia tinggal di India.

Ia hanya menceritakan beberapa pengalamannya, antara lain dikala berkenalan dengan tokoh-tokoh tarekat, terutama tarekat Naqsyabandiyah, Chisytiyyah, dan Suhrawardiyah. Ia juga menceritakan persahabatannya dengan teman seperguruannya, Syihabuddin Ahmad Raddad (w. 821 H), perjalanannya ke Parsi (kini Iran) untuk bertemu dengan beberapa guru sufi di sana.

Pada tamat 799 H, ia menunaikan ibadah haji. Ketika itulah ia sempat berdiskusi dengan beberapa ulama. 4 tahun kemudian, tahun 803 H, ia berkunjung ke Kairo, sempat mampir Universitas Al-Azhar dan bertemu dengan beberapa ulama. Ia sempat juga berkunjung ke Gaza di Palestina dan bermukim disana selama dua tahun, tapi tak usang lalu ia kembali ke Zabid, alasannya yakni ingin mendalami pengetahuannya dengan berguru lagi kepada guru lamanya, Al-Jabarti. Di kota inilah ia wafat pada tahun 805 H / 1402 M.

Seperti halnya para sufi besar lainnya, ia juga menulis kitab tasawuf. Karya-karyanya tergolong berat, salah satunya yakni “Al-Insanul Kamil fi Makrifat Al-Awakhir wa Awa'il – yang telah disebut dimuka, sebuah kitab yang dianggap menerima efek pemikiran Ibnu Arabi. Kitab Lainnya, Arba'un Mauti'an, yang memuat perjalanan mistisnya, masih tersimpan di Perpustakaan Dar el-Misriyah, Kairo, Mesir.

Kitab lainnya, Bahr al-Hudus wa al-Qidam wal Maujud wa al-Adam, naskahnya tidak ditemukan, tapi disebutkan dalam kitab Maratib al-Wujud. Sementara kitab Akidah al-Akabir al-Muqtabasah min Ahzab wa Shalawat membahas akidah para sufi. Kitab ini tersipan di perpustakaan Tripoli, Libya.

Tapi karya Master Piece nya tetap Al-Insanul Kamil, yang diterbitkan beberapa kali dan tersebar ke seluruh dunia. Beberapa penerbit kesohor dengan gembira menerbitkannya, ibarat Muktabah Shabih dan Musthafa al-Babi Al-Halabi, Kairo dan El-Fiqr, Bairut. Kitab yang terdiri dari dua jilid ini memuat 63 bab, 41 potongan di jilid pertama, 22 potongan di jilid kedua.

Saking menariknya, kitab yang menggelar gagasan Al-Jilli perihal Insan Kamil ini diterjemahkan ke dalam aneka macam bahasa. Titus Burkehardt, contohnya menerjemahkan ke dalam bahasa Prancis dengan judul De I’Home Universal, yang lalu disalin lagi oleh Angela Culme Seymour dalam bahasa Inggris dengan judul Universal Man.

Syarah atau komentar perihal kitab ini ditulis oleh beberapa ulama dalam beberapa kitab. Diantaranya Mudhihat al-Hal fi Sa’d Masmu’at al-Dajjal, susunan Syaikh Ahmad Muhammad ibnu Madani (w. 1071 H/1660 M), yang mengomentari potongan 50-54, yang naskahnya tersimpan di Liberary on India Office, New Delhi. Syarah lainnya, Kayf Al-Bayan ‘an Asrar al-Adyan fi Kitab Al-Insanul Kamil oleh Abdul Ghani An-Nablusi (w. 1159 H) dan Syaikh Ali ibnu Hijazi al-Bayumi (w. 1183 H).

Kitab karangan Al-Jilli lainnya, Al-Kahf wa ar-Raqim, memuat dua naskah. Naskah pertama Al-Kahf ar-Raqim al-Kasyif al-Asrar bi Ism Allah al-Rahman al-Rahim, naskah kedua, berjudul Al-Kahf wa Raqim fi Syarh Bimillah al-Rahman al-Rahim. Belakangan kitab ini dicetak ulang oleh Dar al-Ma’arif al-Nidzamiyah, Haiderabat, India, 1917 M. kitab ini merupakan tafsir kesufian terhadap makna Basmalah. Yang menarik ia berusaha menafsirkan surat Al-Fatihah, kata demi kata, kalimat demi kalimat.

Karya Al-Jilli lainnya yang berkaitan dengan tasawuf, antara lain, Maratib al-Wujud wa Haqiqat al-Kulli Maujud, yang menguraikan secara panjang lebar beberapa hal perihal peringkat “Wujud” dalam fatwa sufi, diterbitkan oleh Maktabah Al-Jundi, Kairo. Al-Jilli juga menulis syarah atas karya Ibnu Arabi, Ar-Risalah Al-Anwar, dalam sebuah kitab yang berjudul cukup panjang: Al-Isfar ‘an al-Risalah al-Anwar fi ma Yatajalla li Ahl al-Dzikir min Asrar li Syaikh Al-Akbar.

Ada satu naskah lagi, Al-Sifah al-Nataij al-Asfar, ditemukan oleh Broclemann, seorang peneliti tasawuf, di Leipzig, Austria. Ada sebuah kitab Al-Jilli lainnya yang hilang, judulnya Al-Marqum al-Sirr al-Tauhid al-Mahjul wa Ma’lum, yang membahas belakang layar ke-Maha Esa-an Allah SWT. Keberadaan naskah ini disebut dalam kitab Al-Kamalat al-Ilahiyah.

Ada 28 jilid dari 30 jilid kitab yang raib sampai kini. Ke-30 jilid itu termaktub dalam kitab Al-Daqiqah al-Haqai, dua jilid yang masih sanggup ditemukan itu yakni Kitab Al-Uqtah (jilid pertama) dan kitab Al-Alif (jilid kedua). Sampai kini naskah kedua jilid tersebut tersimpan di Dar el-Kutub al-Misriyah, Kairo.

Al-Jilli juga menulis sebuah kitab perihal Akhlak yang luhur yang seharusnya ditempuh oleh seorang sufi, judulnya, Al-Ghunyah Arbab al-Sama fi Kasyf al-Ghina ‘an wajh al-Itsma, yang ia tulis pada 803 H di Kairo. Bukan hanya mngenai akhlak ideal seorang sufi, ia juga menulis kitab mengenai pengalaman-pengalaman sufistisnya. Dalam Al-Manadzir al-Ilahiyah. Kitab ini juga menguraikan dasar-dasar keyakinan yang wajib diyakini orang muslim, terutama yang menempuh jalan tarekat.

Itulah beberapa kitab yang dikarang oleh Al-Jilli. Produktivitas dan gagasannya masih sanggup dibaca sampai sekarang. Kekayaan intelektualnya sungguh sangat mempesona publik tasawuf di seluruh jagat. Al-Jilli meninggal tahun 805 H / 1402 M.

Sumber http://tarekataulia.blogspot.com/

Comments